Tim Nasional Hongkong



Team sepak bola nasional Hong Kong (Cina: 香港 足球 代表 隊; pinyin: Xiānggǎng zúqiú dàibiǎo duì; Yale Kanton: Hēunggóng jūkkàuh doihbíu deuih) sebagai wakil Hong Kong dalam sepak bola internasional serta dikontrol oleh Perkumpulan Sepak Bola Hong Kong, tubuh pengontrol sepakbola. di Hong Kong.

Sebelum Hong Kong jadi anggota FIFA di tahun 1954, Hong Kong mulai bermain di kompetisi Hong Kong-Macau Interport di tahun 1937, [4] yang disebut salah satunya pertandingan paling tua yang diadakan oleh Hong Kong dan terus dimainkan. Ada kompetisi antar olahraga lain di waktu dulu, seperti Shanghai-Hong Kong Interport yang pertama-tama diselenggarakan di tahun 1908. [5] Di saat itu team itu terbagi dalam etnis Tionghoa serta ekspatriat barat, seperti pada Shanghai-Hong Kong Interport edisi 1935 serta 1937. [6] [7] Ada kompetisi Interport lain menantang Saigon (saat ini Kota Ho Chi Minh). [8] Makau, Shanghai, serta Saigon yang disebut di atas bukan anggota FIFA atau negara berdaulat pada saat itu, dengan Hong Kong serta Makau yang baru masuk dengan FIFA semasing di tahun 1954 serta 1978. Team sepak bola nasional China yang berperan serta dalam Olimpiade Musim Panas 1936 serta 1948, sejumlah besar terbagi dalam pemain etnis Tionghoa dari Hong Kong, yang terpopuler ialah Lee Wai Tong. [9] [10]

Sesudah Perang Dunia II, beberapa pemain yang berbasiskan di Shanghai mulai sebagai wakil Hong Kong, seperti Chang King Hai serta Hsu King Shing. Hong Kong mainkan laga internasional pertama kalinya sesudah Perang Dunia II di tahun 1949, [rujukan?] Menantang Korea Selatan. Kemenangan pertama kalinya tiba di tahun 1953, kemenangan 4-0 menantang Korea Selatan.

Hong Kong FA jadi anggota FIFA serta Konfederasi Sepak Bola Asia semenjak 1954. Semenjak itu Hong Kong mainkan laga internasional pertama mereka yang disadari FIFA menantang beberapa negara lain. HKFA kirim team awal untuk Kompetisi Merdeka 1957, yang terbagi dalam pemain dari Timur sebab hubungan mereka, ditambah beberapa pemain dari club lain. Club ini membuat tour pramusim di Asia Selatan, hingga HKFA mengundang club untuk sebagai wakil Hong Kong. Tetapi, beberapa pemain sebetulnya tidak penuhi ketentuan untuk bermain untuk Hong Kong, sebab mereka ialah pemain internasional ROC (Taiwan). [11] [12]

Hong Kong maju ke tiga dari empat edisi pertama Piala Asia, termasuk juga finish ke-3 di edisi 1956 untuk tuan-rumah. Di saat itu, sejumlah besar pemain Hong Kong sebagai wakil Republik Tiongkok (Taiwan); mereka finish ke-3 di Piala Asia pada edisi 1960, tinggalkan pemain yang semakin rendah ke team Hong Kong yang wajar. [13] Team Republik Tiongkok memenangi Sepak Bola di Asian Games 1954 serta Football di Asian Games 1958.

Hong Kong belum pernah maju ke Piala Dunia. Tetapi, kemenangannya yang terpopuler berlangsung semasa kwalifikasi Piala Dunia 1986. Pada 19 Mei 1985, di Beijing, Hong Kong hadapi Cina dalam laga paling akhir set kwalifikasi pertama, dimana Hong Kong memerlukan kemenangan untuk maju sesaat Cina cuma memerlukan hasil seri. Hong Kong, yang diperintah oleh pelatih Kwok Ka Ming, membuahkan kemenangan 2-1, dengan gol dari Cheung Chi Tidak serta Ku Kam Fai, hingga memenangi group serta maju ke set skema luruh, dimana selanjutnya kalah dari Jepang.

Tahun 2009 ialah titik balik dalam standard sepak bola Hong Kong yang makin sedikit. Pada tanggal 12 Desember, Hong Kong menaklukkan Jepang serta ambil medali emas sepakbola Asian Games pertama mereka, pertandingan besar pertama yang dimenangi oleh team sepak bola Hong Kong. Hasil yang tidak tersangka serta mengagetkan ini menghidupkan keyakinan jika team sepak bola Hong Kong bisa tampil dalam pertandingan besar. Team sepak bola Hong Kong memenangi Piala Long Teng 2010 serta Piala Long Teng 2011.

Demam sepakbola pendek ada semasa kwalifikasi Piala Dunia 2018 di Hong Kong, sebab Hong Kong masuk dalam group yang sama juga dengan saingan seru mereka, Cina. Sebab kemelut yang muncul sebab perselisihan Hong Kong-Cina Daratan, banyak masyarakat lokal tertarik dengan kampanye tahun ini; semua empat laga kandang dicatat untuk terjual habis. Hong Kong akhiri kampanye dengan 4 kemenangan menantang Bhutan serta Maladewa, 2 seimbang tanpa ada gol menantang China, serta 2 kerugian menantang Qatar. Qatar serta Cina menempati dua tempat paling atas group serta maju ke set selanjutnya.

Untuk pertandingan-pertandingan pertemanan serta laga kwalifikasi kecil, team Hong Kong seringkali bermain di Stadion Mong Kok di Kowloon, yang dibuka kembali ke tahun 2011 sesudah perbaikan. Disamping itu, edisi 2018 Piala Tahun Baru Imlek diselenggarakan di Mong Kok. [14] Piala ialah adat lokal untuk rayakan Tahun Baru Cina, yang diselenggarakan di Stadion Pemerintah di waktu dulu.

Pusat Training Sepak Bola Jockey Klub HKFA sekarang ini ialah tempat training penting untuk timnas serta pemuda Hong Kong.