Tim Nasional China Taipei



Team sepak bola nasional Tiongkok sebagai wakil Republik Tiongkok (Taiwan) dalam sepakbola internasional serta dikontrol oleh Federasi Sepak Bola Cina Taipei (CTFA, Cina Tradisionil: 中: 足球 協會), tubuh pengontrol sepak bola di Taiwan.

Ini ialah anggota Asosiasi Sepak Bola Asia Timur Konfederasi Sepak Bola Asia. Walau belum pernah maju ke Piala Dunia FIFA, Taiwan capai semi-final Piala Asia AFC 1960 serta 1968, finis di posisi ke-3. Bagian memenangi emas di bidang sepak bola di Asian Games 1954 serta 1958 walau beberapa pemain di team datang dari Hong Kong Inggris.

Perkumpulan Sepak Bola Cina Taipei (CTFA) dibangun di Cina Daratan untuk Perkumpulan Sepak Bola Cina (CFA) di tahun 1924 serta geser ke Taiwan di tahun 1949 diakhir Perang Saudara Cina. Berafiliasi dengan FIFA di tahun 1932 untuk Cina, dia masuk kembali lagi dengan FIFA di tahun 1954, pertama dengan nama Taiwan, [rujukan?] Selanjutnya Republik Cina, [rujukan?] Dan Cina Taipei.

Kesuksesan paling besar team tiba saat mereka usai ke-3 di Piala Asia di tahun 1960, bermain untuk Taiwan. Tetapi, beberapa pemain di team ini awalannya datang dari Hong Kong sebab rekam jejak team sepak bola nasional Hong Kong tidak sebaik itu. [7]

Sebab perselisihan politik dengan Republik Rakyat Tiongkok (PR China), Taiwan bermain di kompetisi kwalifikasi Piala Dunia OFC dari 1975 sampai 1989.

Bagian capai rangking Dunia FIFA paling tinggi 121 pada Juli 2018 di bawah tuntunan pelatih Inggris populer Gary White. White pimpin periode yang sukses untuk team, termasuk juga memenangi 7 laga internasional FIFA beruntun. Dituduh bawa Taiwan ke Piala Asia AFC pertama mereka semenjak 1968, White menggantikan team 1/2 jalan lewat kampanye kwalifikasi serta melepaskan kwalifikasi team dengan satu point. Proses White termasuk juga penelusuran talenta Taiwan di luar negeri untuk tingkatkan standard sepakbola di pulau itu, mengetuk Team Chow serta Will Donkin untuk timnas. Pada bulan Desember 2017, negara itu jadi tuan-rumah Kompetisi Internasional CTFA, yang direncanakan untuk mengetes negara itu dalam persiapan untuk team yang semakin kuat di hari esok, bawa piala internasional pertama Taiwan dalam 55 tahun. White dicari oleh timnas Hong Kong serta tinggalkan Taiwan pada bulan September 2018. [8]

Stadion
Banyak laga kandang team dimainkan di Stadion Sepak Bola Chungshan di Taipei, yang ditutup di tahun 2008. Kemampuan stadion sedikit di atas 20.000 serta adalah stadion spesial sepak bola.

Laga kwalifikasi untuk AFC Challenge Cup 2012 pada bulan Februari 2011 dimainkan di Stadion Nasional Kaohsiung, sedang laga kwalifikasi untuk Piala Dunia FIFA 2014 pada bulan Juli 2011 dimainkan di Stadion Kota Taipei.